Monday, February 7, 2011

5 Siasat Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Pada Andak

Untuk menumbuhkan kebiasan membaca pada anak dapat di lakukan dengan berbagai cara, yaitu :

Pertama, memperlihatkan buku bergambar, supaya anak tertarik untuk membaca, perilahatkan buku yang banyak ganbarnya dan yang penuh dengan aneka warna. Dengan seringnya melihat buku atai majalah yang menarik, lama kelamaan akan tertarik untuk membaca seiring dengan kemampuannya untuk membaca.

Kedua, membacakan buku. Bagi anak yang belumbisa membaca, orang tua hendaknya membacakan buku untuk anak. Buku yang dibaca yaitu buku cerita yang dekat dengan kehidupan anak sendiri. Bahasanya sederhana dan mudah dipahami.

Ketiga, teladan orang tua. Perbuatan anak pada awalnya berdasarkan imitasi, contoh atau teladan. Apa yang dilakukan anak banyak yang berdasarkan imitasi atau peniruan dari orang tuanya. Karena, anak senang meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan demikian, orang tua harus menjadi dan anutan pembaca yang baik.

Keempat, perhatikan minatnya. Untuk mengetahui minat anak terhadap suatu buku, orang tua bias membawa ank ke toko buku atau perpustakaan. Beri kesempatan kepada anak untuk memilih buku kesukaannya. Buku yang disukai akan mendorong anak untuk membacanya. Menyukai buku merupakan awal tumbuhnya minat baca dikalangan anak.

Kelima, beri buku yang bervariasi. Agar anak tidak merasa bosan/ jenuh dalam membaca buku. Bisa juga disediakan aneka majalah/ cerita sebagai selingan. Selain itu menghindari kejenuhan, variasi bacaan akan menambah luas ilmu pengetahuan dari berbagai sumber bacaan.

Akhirnya dengan tumbunya kebiasaan membaca pada anak diharapkan setelah dewasa nanti menjadi manusia pembelajar. Manusia yang haus akan ilmu sehingga bersemangat untuk menuntut ilmu(membaca) pada setiap kesempatan. Membaca dan mencari ilmu tidak ada batasan umur.(210488.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment