Buku tersebut adalah Marketing Revolution karya Tung Desem Waringin (TDW), pelatih sukses no.1 di Indonesia, yang terkenal dengan Salam Dahsyatnya. Buku ini baru terbit 1 Juli 2008. Bayangkan 3 bulan sebelum terbit sudah laku sebanyak itu. Memang dahsyat. Bagaimana strategi marketing mr. Tung ini? Perhatikan isi salah satu standing barner promosi buku tersebut di salah satu toko buku besar:
Buku Marketing Revolution karya pelatih sukses no.1 Indonesia Tung Desem Waringin
- Jurus-jurus jitu Marketing
- Jurus-jurus Bla..bla..bla..
Terbit 1 Juli 2008
Harga Rp 195.000,- Hard cover
Untuk pembelian sebelum 31 Maret 2008
- harga promosi Rp 175.000,-
- gratis 5 cd marketing, yaitu: cd 1 tentang bla..bla..bla..dst senilai Rp 350.000,-
- gratis pelatihan financial revolution 3 hari 3-6 April 2008 senilai Rp 9.987.000,-
Sebuah penawaran yang menggiurkan. Hanya dengan membayar Rp 175.000,-, maka anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
- Keuntungan dari selisih harga buku 195-175 = Rp 20.000,-
- Keuntungan dari nilai CD Marketing = Rp 350.000,-
- Keuntungan dari nilai pelatihan financial revolution = Rp 9.987.000,-
Dahsyat sekali, berarti dengan membeli buku tersebut anda untung sebesar Rp 10.357.000,-. Siapa yang ga ngiler. Dengan penawaran ini orang menjadi terhipnotis untuk membeli tanpa tahu isi buku tersebut akan bermanfaat untuk dia atau tidak?
Teknik penjualan seperti ini sebenarnya bukan hal baru. Dr. Scwarth dalam bukunya “The Magic of Thinking Big” yang terbit tahun 70-an sudah menyarankan cara penjualan seperti ini. “Tambahkan glazur di atas kue” istilahnya. Walaupun sedikit tapi akan sangat bernilai di mata pelanggan. Hanya saja yang dilakukan TDW lebih dari sekedar menambahkan glazur. Ia memberikan 10 kue untuk orang yang hanya membeli 1 kue lengkap dengan tambahan glazur di atasnya.
No comments:
Post a Comment