Tuesday, February 22, 2011

Ternyata Otak Punya 100 miliar Sel Saraf Otak

Rasanya seperti berada di atas awan saja setelah mengetahui sebuah kenyataan bahwa ternyata otak kita memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan. Saya pikir, dengan mengenal kemampuan otak bisa membantu siapapun menjadi seperti yang ia pikirkan dan impikan.

Sekarang coba Anda amati sebuah kenyataan mengenai otak Anda, saya mendapatkan informasi ini dari waspada.co.id.

Otak disusun oleh 100 miliar sel saraf dan mampu menghasilkan tiga jenis kemampuan yang diperlukan untuk mengelola diri, yakni berfikir rasional (IQ), mematangkan emosi (EQ), dan mengutuhkan spiritual (SQ).

“Oleh sebab itu, otak tidak hanya untuk berfikir rasional saja namun dengan emosi dan adanya spiritual,” ucap pengamat pendidikan koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) wilayah I Sumut-Aceh, G Suprayitno, kepada Waspada Online, tadi sore.

Suprayitno yakin, jika tiga fungsi otak dikelola dengan baik, maka manusia akan menjadi makhluk termulia. Namun jika tidak, maka manusia dapat dikatakan seperti binatang bahkan lebih rendah dari itu.

Ketiga fungsi tersebut, lanjut Suprayitno, hanya dapat diwujudkan dengan baik jika seseorang memahami bagaimana otak dapat difungsikan. “Akal dan hati adalah dua kerabat dekat yang dihasilkan karena otak difungsikan secara baik,” ujarnya

Menurut Suprayitno, potensi kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual pasti ada di dalam keseluruhan diri manusia. Seperti kecerdasan intelektual berada di wilayah otak manusia, sehingga terkait dengan kecerdasan otak, rasio, nalar-intelektual.

Sementara, lanjut Suprayitno, kecerdasan emosional mengambil wilayah sekitar emosi diri manusia, sehingga lebih mengembangkan emosi supaya lebih cerdas, tidak cenderung marah.

Dikatakannya, bahwa berbeda dengan kecerdasan spiritual yang mengambil tempat seputar jiwa, hati, yang merupakan wilayah spirit, sehingga dikenal sebagai kecerdasan jiwa, hati, yang menjadi hakikat sejati kecerdasan spiritual.

Suprayitno menjelaskan, untuk menumbuh-kembangkan potensi potensi kecerdasan spiritual perlu dipahami struktur kecerdasan dari masing-masing jenis kecerdasan yang dimiliki manusia.

“Agar dapat diketahui bahwa kecerdasan spiritual memiliki keunggulan yang lebih penting daripada kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment