Monday, April 22, 2013

Penjualan eBook Meningkat Lebih dari 1000% Sejak 2008

Saat ini eBook tampaknya menjadi salah satu dari beberapa produk yang memiliki penjualan cukup baik di tengah perekonomian yang tidak pasti.

Menurut BookStats, sebuah perusahaan yang mempelajari industri publishing di Amerika, eBooks telah melakukan kiprah penjualannya dengan cukup baik.

Penjualan eBooks mencatat angka 6,4% dari seluruh penjualan buku pada tahun 2010, dengan jumlah yang diharapkan akan terus meningkat tahun ini. Bahkan, sejak tahun 2008, penjualan eBook telah meningkat sebesar 1039,6%, sedangkan pendapatan di periode yang sama juga meningkat 1274,1%.

Fenomena ini ikut diramaikan dengan masuknya tablet dan eBook Reader tahun ini, khususnya kehadiran iPad, sehingga tidak terlalu mengejutkan jika kita menemukan angka yang cukup besar untuk konsumsi eBook.

Fakta lain yang cukup menarik untuk dicatat yaitu bahwa transaksi belanja online telah mengalami peningkatan 55,2% antara tahun 2008 dan 2010.

Hal ini bisa terjadi karena belanja online sudah jauh lebih aman dan lebih mudah dilakukan pada beberapa tahun terakhir, dengan akses yang memungkinkan hampir semua orang untuk bisa melakukan transaksi secara online.

eBook memang menuai sukses yang cukup besar, dan indikasi serta kemungkinan ke depan bahwa eBook akan menggantikan fungsionalitas buku cetak konvensional tidak dapat dipungkiri lagi.

No comments:

Post a Comment