Karakteristik pendidikan SMU dapat dilihat sekurang-kurangnya dari tiga segi, yaitu:
a. Tujuan Pendidikan
b. Kurikulum
c. Peserta Didik
A. Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan sering bersifat sangat umum, seperti menjadi manusia
yang baik, bertanggung jawaab, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara, dan sebagainya.
Dalam dunia pendidikan dikenal sejumlah usaha untuk menguraikan tujuan
yang sangat umum tersebut. Salah seorang diantaranya adalah Herbert
Spencer (1860) yang menganalisis tujuan pendidikan dalam lima bagian,
yang berkenaan dengan:
a. Kegiatan demi kelangsungan hidup.
b. Usaha mencari nafkah.
c. Pendidikan anak.
d. Pemeliharaan hubungan dengan masyarakat dan negara.
e. Penggunaan waktu senggang.
Tujuan pendidikan yang dikemukakan Herbert Spencer tersebut
didasarkan atas apa yang dianggapnya paling berharga dan perlu untuk
setiap orang bagi kehidupannya dalam masyarakat
Bloom cs mebedakan tiga kategori tujuan pendidikan, yaitu;
1. Kognitif (head)
Tujuan kognitif berkenaan dengan kemampuan individual mengenal dunia
sekitarnya yang meliputi perkembangan intelektual atau mental.
Tujuan kognitif dibagi dalam 6 bagian, yaitu;
a. Knowledge (Pengetahuan)
Meliputi informasi dan fakta yang dapat dikuasai melalui hafalan untuk diingat.
b. Comprehension (Pemahaman)
Merupakan kesanggupan untuk menyatakan suatu definisi, rumusan, menafsirkan suatu teori.
c. Application (Penerapan)
Merupakan kesanggupan menerapkan atau menggunakan suatu pengertian,
konsep, prinsip, teori yang memerlukan penguasaan pengetahuan dan
pemahaman yang lebih mendalam.
d. Analysis (Analisis)
Yaitu kemampuan untuk menguraikan sesuatu dalam unsur-unsurnya misalnya
analisis hubungan antara masyarakat dengan alam dan jagad raya.
e. Synthesis (Sintesis)
Yaitu kesanggupan untuk melihat hubungan antara sejumlah unsur.
f. Evaluation (Penilaian)
Penilaian berdasarkan bukti-bukti atau kriteria tertentu.
2. Afektif (heart)
Tujuan afektif mengenai perkembangan sikap, perasaan, dan nilai-nilai atau perkembangan emosional dan moral.
Tujuan afektif dibagi dalam 5 bagian, yaitu;
a. Receiving
Menerima, menaruh perhatian terhadap nilai tertentu.
b. Responding (Merespon)
Yaitu memperlihatkan reaksi terhadap norma tertentu, menunjukan
kesediaan dan kerelaan untuk merespon, merasa puas dalam merespon.
c. Valuing (Menghargai)
Yaitu menerima suatu norma, menghargai suatu norma, dan mengikat diri pada norma tersebut.
d. Organization (Organisasi)
Membentuk suatu konsep tentang suatu nilai, menyusun suatu sistem nilai-nilai.
e. Characterization by Value or Value Complex
Mewujudkan nilai-nilai dalam pribadi sehingga merupakan watak seseorang, norma itu menjadi bagian diri pribadi.
3. Psikomotor (hand)
Tujuan psikomotor menyangkut perkembangan keterampilan yang mengandung unsur motoris.
Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
Secara jelas tujuan pendidikan nasional yang bersumber dari sistem nilai
Pancasila dirumuskan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 3
“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bengsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional tersebut, tujuan pendidikan smu ialah :
1. Menigkatkan penegtahuan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada
jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan
perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian.
2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam
mengadakan hubungan timbale balik dengan lingkungan, sosila, budaya, dan
alam sekitar.
Tujuan umum pendidikan nasional dan tujuan khusus pendidikan SMu itu
secara serentak dan langsung menjadi landasan dan arah pelayanan
bimbingan dan konseling SMU.
Tujuan Institusional
Usia peserta didik anak SMU secara umum berada pada rentang
15/16-18/19 tahun, yang kerap disebut sebagai usia remaja, adolescent,
atau storm and drunk. Fase ini disebut Suryabrata (2002) sebagai masa
merindu-puja yang ditandai dengan ciri-ciri berikut.
a. Anak merasa kesepian dan menderita. Dia menganggap tak ada orang yang
mau mengerti, memahami, dirinya, dan menjelaskan hal-hal yang
dirasakan-nya.
b. Reaksi pertama anak ialah protes terhdap sekitarnya, yang dirasakan
tiba-tiba memusuhi, menerlantarkan, dan tidak mau mengerti.
c. Memerlukan teman yang dapat memahami, menolong, dan turut merasakan suka-duka yang dialaminya.
d. Mulai tumbuh dorongan untuk mencari pedoman hidup, mencari sesuatu
yang dipandang bernilai, pantas dijunjung tinggi dan dipuja.
e. Anak mengalami goncangan batin. Dia tidak mau memakai lagi pedoman
hidup masa kanak-kanaknya, tetapi ia juga belum mempunyai pedoman hidup
yang baru.
f. Merasa tidak tenang, banyak kontradiksi dalam dirinya. Dia merasa mampu, tetapi tidak tahu bagaimana mewujudkannya.
g. Anak mulai mencari dan membangun pendirian atau pandangan hidupnya. Proses tersebut melewati tiga langkah.
1) Karena belum memiliki pedoman, remaja memerlukan sesuatu yang dapat
dianggap bernilai, pantas dihargai, dan dipanuti. Pada awalnya, sesuatu
yang dipuja itu belum memiliki bentuk tertentu. Si remaja sendiri kerap
hanya tahu bahwa dia menginginkan sesuatu, tetapi tidak tahu apa yang
diinginkannya. Keadaan seperti ini biasanya melahirkan sajak-sajak alam.
2) Pada taraf kedua, objek pemujaan kian jelas, yaitu pribadi-pribadi
yang mendukung personifikasi nilai-nilai tertentu yang diinginkan anak.
Dalam pemujaan, anak laki-laki dan perempuan memiliki cara yang berbeda
dalam mengkespresikannya. Pada masa ini tumbuh dengan subur rasa
kebangsaan.
3) Pada taraf ketiga, si remaja telah dapat menghargai nilai-nilai lepas
dari pendukung-nya, nilai sebagai hal yang abstrak, sehingga tibalah
waktunya bagi si remaja untuk menentukan pilihan atau pendirian
hidupnya. Penentuan ini biasanya berkali-kali melalui proses jatuh
bangun, karena ia menguji nilai yang dipilihnya dalam kehidupan nyata,
sampai diperoleh pandangan/pendirian yang tahan uji.
Implikasi dari karakteristik peserta didik tersebut terhadap pendidikan adalah sebagai berikut.
a. Remaja memerlukan orang yang dapat membantunya mengatasi kesukaran yang dihadapi.
b. Pribadi pendidik (sebagai pendukung nilai) berpengaruh langsung
terhadap perkembangan pendirian hidup remaja. Karena itu, segala sikap
dan perilaku pendidik harus dapat dipertanggungjawabkan dari segi
pendidikan.
c. Pendidik hendaknya:
1) berdiri ’di samping’ mereka, tidak di depannya melalui dikte dan instruksi;
2) menunjukkan simpati bukan otoritas, sehingga dapat memperoleh kepercayaan dari remaja dan memberinya mereka bimbingan; serta
3) menanamkan semangat patriotik dan semangat luhur lainnya karena ini memang masanya.
(himitsuqalbu.wordpress.com)
No comments:
Post a Comment